20 Pasang Pengantin Sumringah dan Bahagia

PALEMBANG- Kementerian Agama (Kemenag) RI menggelar kegiatan Nikah Massal dalam rangka Selebrasi Capaian Program Prioritas Kementerian Agama Tahun 2024. Di Palembang, sebanyak 20 pasang pengantin mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pascasarjana Universitas Sriwijaya, Rabu (7/8/2024).

Sekretaris Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Muhammad Adib yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Agama untuk lebih dekat dengan masyarakat. Salah satunya kegiatan nikah massal yang tahun ini dilaksanakan di tujuh provinsi di Indonesia, dan Palembang menjadi salah satu lokusnya.

Ia juga mengapresiasi penyelenggaraan nikah massal di Sumsel yang menurutnya penuh dengan aura kebahagiaan.

“Bukan hanya terlihat sukses, namun setelah kita lihat secara langsung dari raut wajah para pengantin dan keluarga yang hadir semuanya terlihat sangat ceria. Ini membuktikan kesuksesan Kanwil Kemenag Sumsel membahagiakan 20 pasang pengantin dan keluarganya,” ujar Adib.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan menambahkan, dalam acara ini setiap pasangan pengantin tidak dikenakan biaya nikah, bahkan mereka mendapatkan bingkisan atau souvenir.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari rasa syukur Kemenag atas capaian program prioritas yang dicanangkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian kerjasama Kemenag dan Mark Plus dalam Indonesia Marketing Festival 2024.

“Ini merupakan bentuk komitmen kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karenanya, nikah massal ini kita beri tajuk Nikah Massal dari Kemenag Untuk Masyarakat,” jelas Syafitri.

Hal senada disampaikan oleh sejumlah pengantin yang mengikuti program nikah massal tersebut. Seperti yang disampaikan salah satu pasangan pengantin asal Kecamatan Ilir Timur II Syaripuddin dengan Gina Andriana yang sangat berterimakasih atas layanan Kementerian Agama.

Ia tadinya tidak menyangka momen istimewa yang menjadi sejarah hidupnya yaitu pernikahan dihadiri oleh sejumlah pejabat Kementerian Agama baik tingkat kota, Provinsi bahkan dihadiri oleh pejabat dari Kemenag RI.

“Bahagia senang, harapannya moga makin langgeng dan bahagia selalu. Dak nyangko nian kak, pernikahan kami dihadiri oleh banyak pejabat. Padahal siapolah nian kami ini. Jadi kami sangat bersyukur dan terimakasih nian samo Kemenag sudah membantu kami memudahkan urusan pernikahan kami. Semoga seluruh pejabat kemenag dimudahkan galo urusannyo,” ujar Syarifuddin dengan logat khas Palembang.

Pasangan Pengantin asal Kecamatan Ilir Barat I Enggi Febrianto Saputra dan Rahmawati binti Syarifudin Palembang juga turut bersyukur dapat melangsungkan pernikahannya secara gratis.

“Ini pernikahan kami yang pertama dan semoga menjadi pernikahan yang terakhir. Alhamdulillah nikahnya pun gratis, dapat hadiah pula,” ujar Rahmawati.

Turut hadir dalam acara nikah massal tersebut Para Kepala Bidang dan Pembimas Kanwil Kemenag Sumsel, Kakankemenag Kota Palembang Kasubdit Kepenghuluan Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, Perwakilan dari Baznas Provinsi Sumsel, dan Danramil Ilir Barat I. (Ril)

Komentar