Tular Nalar UBD, Beri Edukasi Hadapi Hoaks ke Gen-Z

PALEMBANG- Tular Nalar UBD Palembang memberikan edukasi kepada Gen-Z di SMK Negeri 2 Palembang, untuk dapat lebih bijak dan berfikir kritis dalam bermedia sosial untuk siap menghadapi hoax dan berfikir kritis melalui program Sekolah Kebangsaan Tular Nalar Mafindo bersama google. ( Kamis 10/10/24 )

Acara ini sukses digelar dan dihadiri oleh 103 siswa/i sma yang difasilitasi oleh 10 fasilitator bertempat di Ruang Rapat Utama SMK Negeri 2 Palembang. Dwi Maharani, M.I.Kom selaku penanggung jawab Tular Nalar UBD mengatakan Program Sekolah Kebangsaan ini ialah pelatihan literasi digital yang diinisiasi oleh Mafindo dan didukung oleh google dengan tujuan untuk mempersiapkan gen-z yang bijak bermedia sosial dan siap memilih yang dibekali pemikiran kritis.

“Adik-adik disini berkesempatan mendapat ilmu dan diberikan serta ajarkan lebih dalam tentang literasi digital dengan tema kita hari ini Ding Ading Payo Ejoke Pilkada Dak Katek Hoax. Pelatihan ini diberikan agar adik adik semuanya ketika bermedia sosial tidak hanya melihat, percaya dan berkomentar. Namun juga mulai berfikir dan bernalar untuk mencari dan berfikir kritis terhadap informasi yang ada di media sosial,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan Tular Nalar UBD sebagai penyelenggara pertama oleh Universitas Swasta di Sumatera Selatan, melalui program ini berupaya merangkul generani muda yang memasuki usia siap memilih untuk dapat lebih dalam mengenasi segala informasi yang ada di media sosial agar dapat menjadi pengguna yang bijak dalam menyebarkan informasi dan membentengi diri dari berbagai berita hoax serta segala kejahatan dunia maya.

Kepala SMA Negeri 2 Palembang, H.Suparman, S.Pd, M.Si menyambut hangat dan mengapresiasi pelatihan sekolah kebangsaan ini. Serta ia juga menyampaikan harapan setelah adanya pelatihan ini siswa/i lebih paham terkait dunia digital dan bisa bernalar dalam menggunakan media sosial.

“Kami sangat menyambut dengan tangan terbuka teman – teman semuanya yang hari ini datang untuk melaksanakan kegiatan sekolah kebangsaan. Serta mengapresiasi kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Palembang. Setelah kegiatan ini diharapkan juga adik – adik sma ini lebih paham terkait dunia digital dan telah dibekali wawasan agar siap ketika menjadi pemilih pemula. Terlebih sebentar lagi akan adanya pilkada,” ungkapnya.

Salah satu peserta Sekolah Kebangsaan, Nia Lestari turut menyampaikan pesan baik setelah mengikuti kegiatan ini. Baginya banyak informasi baru yang ia dapatkan, terkhusus dalam menghadapi pemberitaan hoax dengan dibekali tiga tips mengenali pengacauan informasi pemilu.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Bidang Kurikulum dan Bidang Kemahasiswaan serta Staf Guru SMA Negeri 2 Palembang.

Komentar