Pj Gubernur Sumsel Launching GSMP Goes to School dan Office

Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Agus Fatoni terus berupaya menekan laju inflasi, salah satunya dengan melaunching Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) Goes to School and Goes to Office. Kegiatan dilaksanakan di Plaza Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (25/2/2024).

Program ini merupakan sinergitas Pemprov Sumsel-Bank Indonesia (BI) perwakilan Sumsel, bagian dari Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak se-Sumatera Selatan (GPISS) yang selaras dengan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

Fatoni mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk keseriusan Pemprov Sumsel dalam mengendalikan inflasi. Anggaran pemberian bibit bersumber dari APBD Sumsel yang kemudian ditanam sekolah dan perkantoran.

“Kita sudah mengalokasikan anggaran yang cukup banyak dari provinsi, bisa ditambah dengan APBD kabupaten/kota, juga APBD desa. Ini perlu dilakukan secara masif agar GSMP membuat Sumsel mandiri pangan dan upaya memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

Fatoni mengimbau kepala sekolah untuk melaporkan kebutuhan bibit yang diperlukan sehingga dapat menjadi dasar Pemprov Sumsel memberikan bantuan bibit ke sekolah.

“Kepala sekolah segera lapor kebutuhan bibitnya, karena ini menjadi dasar kita untuk memberikan bantuan,” katanya.

Kedepan, sekolah dan perkantoran di Sumsel akan menanam bibit yang diberikan, termasuk di desa kelurahan dan kecamatan. Bibit tersebut berupa cabai, bawang merah dan komoditas lainnya.

“Surat edaran sudah saya tandatangani, saya sudah minta ke sekolah, BUMN, BUMD, bupati/wali kota sebelum launching turut serta menyukseskan gerakan ini, mulai dari pembagian bibit, penganggaran dan monitoring,” jelasnya.

Kepala BI Perwakilan Sumsel, Ricky Perdana Gozali mengatakan, Sumsel patut berbangga karena capaian inflasi 2023 dari dua kota tercatat 3,17% year on year. Angka itu lebih rendah dibandingkan dengan inflasi 2022 sebesar 5,94%.

BI Perwakilan Sumsel telah bersinergi dengan Pemprov Sumsel untuk menginisiasi launching GSMP Goes To School and Goes to Office sejalan dengan GNPIP.

“Sejalan juga dengan arahan presiden pada rakornas inflasi 2022 lalu, tahun ini GSMP kembali diperkuat dengan perluasan inovasi yang menyasar pelajar serta pegawai instansi dan koperasi swasta se-Sumsel,” imbuhnya.

Komentar