Harnojoyo Terapkan Aplikasi Srikandi Di Lingkungan Pemkot Palembang

ELNEWS – Wali Kota Palembang, H Harnojoyo membuka launching penerapan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) di lingkungan Pemerintah Kota Palembang.

Launching penerapan aplikasi Srikandi Pemkot Palembang digelar di Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Selasa 14 Februari 2023.

“Kita telah melaunching untuk menerapkan aplikasi Srikandi di Pemkot Palembang. Saya rasa dengan adanya Srikandi ini, tidak ada lagi arsip kertas berceceran, semua terdata secara online,” kata Harnojoyo saat doorstop.

Harnojoyo menjelaskan, penggunaan aplikasi Srikandi sebagai penataan arsip yang sistematis dengan tujuan untuk mempermudah pencarian arsip dalam waktu yang cepat, tepat, dan optimal, serta tercantum pada sistem online yang dapat diakses kapan pun.

“Pemerintah meluncurkan aplikasi ini sebagai bentuk upaya untuk mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik atau online,” jelasnya.

Menurut Harnojoyo, aplikasi Srikandi sangat penting dalam berbagai hal. Seperti sejarah dan ilmu pengetahuan bagi generasi yang akan datang.

“Ini sangat penting, maka kita harus betul-betul menjaga dengan baik dengan cara seluruh arsip Palembang akan masuk aplikasi Srikandi, namun secara bertahap,” ucapnya.

Sementara Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Desi Pratiwi menuturkan Aplikasi Srikandi diluncurkan Pemerintah sebagai aplikasi umum bidang kearsipan.

“Srikandi dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan yang terpusat secara online dan terintegrasi dari tingkat daerah hingga tingkat pusat,” tuturnya.

Kendati demikian Desi Pratiwi menyebutkan, Aplikasi Srikandi merupakan hasil kolaborasi antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

“Aplikasi Srikandi sebagai bentuk upaya Pemerintah dalam meningkatkan kinerja, produktivitas, efektivitas, untuk mempermudah pekerjaan serta bermanfaat dalam mewujudkan pengelolaan arsip yang baik dan profesional,” tukasnya.(Ril)

Bawaslu

Komentar