Warga Lalan Muba Nikmati Layanan Internet Milik Elon Musk

MUSI BANYUASIN- Tidak hanya percepatan pembangunan infrastruktur dan pembenahan jaringan listrik, namun Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud juga memberikan fasilitas digitalisasi berupa jaringan internet untuk warga Lalan.

Tak tanggung-tanggung, Pemkab Muba melalui Dinas Kominfo Muba memfasilitasi jaringan internet starlink yang merupakan milik Elon Musk. Ini merupakan kali pertama jaringan starlink masuk di wilayah Sumsel dan dimulai dari Kecamatan pelosok yakni di Lalan Kabupaten Muba.

“Layanan internet starlink ini dipusatkan di Kantor Kecamatan, namun warga Lalan bisa terdampak untuk memanfaatkannya untuk mengakses internet,” ungkap Pj Bupati Apriyadi Mahmud di sela Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Desa dan Ketua TP. PKK Desa dalam Wilayah Kecamatan Lalan Periode 2022 – 2028, Senin (12/12/2022).

Ia berharap, meski berada di kawasan pelosok perairan, namun diakui Apriyadi Lalan harus mendapatkan perhatian yang lebih besar dibandingkan Kecamatan Lain.

“Dengan menginap di Lalan ini saya lebih tahu detail kondisi warga Lalan, listrik dan jalan menjadi PR prioritas saya, Insya Allah dalam waktu dekat solusinya ada dan nyata. Soal listrik beri waktu saya enam bulan, kita janjikan akan lebih stabil nantinya,” ungkapnya.

General Manager Witel Sumsel PT Telkom Indonesia, Setyawan Nugroho mengungkapkan bahwasannya Lalan Kabupaten Muba menjadi pilot project penggunaan internet berbasis jaringan starlink. “Ya, ini pertama di Sumatera, Muba khususnya di Lalan menjadi percontohan penggunaan jaringan starlink,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, mobilisasi jaringan starlink di Lalan merupakan komitmen nyata dari seorang Bupati Muba Apriyadi yang sangat memperhatikan kebutuhan kemajuan digitalisasi daerah.

“Sudah tepat Kecamatan Lalan menggunakan jaringan starlink, dan kami pihak Telkom sangat apresiasi komitmen pak Bupati Apriyadi yang memenuhi kebutuhan warga,” ujarnya.

Sementara itu, Kadin Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP menyebutkan
pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan jaringan akses koneksi internet di seluruh wilayah kecamatan, Telkom melakukan pembangungan jaringan fiber optik ke 13 kecamatan, serta pemasangan internet satelit star link untuk 2 kecamatan.

“Nah, untuk layanan internet star link kita pusatkan di Kecamatan Keluang dan Lalan. Dan saat ini sudah dinikmati warga,” tukasnya.

Camat Lalan, Andi Suharto SSTP MSi mengucapkan Terima kasih atas kunjungan Pj Bupati Apriyadi bersama Forkopimda dan juga menginap semalam di Lalan.

“Banyak yang sudah dialokasikan pak Bupati Apriyadi untuk Lalan, salah satunya jaringan internet star link untuk warga Lalan yang sekarang sudah bisa kami gunakan. Terima kasih pak Bupati Apriyadi,” ucapnya.

Andi merinci, adapun pelantikan Kades terpilih periode 2022-2028 di Kecamatan Lalan yakni diantaranya Desa Perumpung Raya, Desa Tri Mulya Agung, Desa Ringin Agung, Desa Sri Karang Rejo, Desa Karang Mukti, Desa Mekar Sari, Desa Mulya Jaya.

“Kemudian, Desa Sari Agung, Desa Sukajadi, Desa Bandar Agung, Desa Mandala Sari, Desa Bumi Agung, Desa Suka Makmur, dan Desa Karang Agung,” pungkasnya.

Komentar