Kernet Speed Boat Tenggelam di Sungai Musi, Basarnas Terjunkan Tim Rescue

PALEMBANG- Kantor SAR Palembang menerjunkan tim Rescue untuk melakukan pencarian kernet Speedboat Semoga Jaya yang tenggelam di perairan Sungai Musi, Mariana Banyuasin pada Sabtu (6/7/2024) sekitar pukul 16.00 WIB.

Korban bernama Zamani (34) hilang usai tercebur ke sungai Musi.

Kepala Kantor SAR Palembang Raymond Konstantin dampingi Kasi Operasi Manca Rahwanto mengatakan pihaknya mendapatkan informasi korban tenggelam di perairan Sungai Musi Mariana Banyuasin pada Minggu sore (7/07) sekitar pukul 16.45 WIB.

“Berbekal informasi tersebut pihaknya langsung merespons dengan menerjunkan satu tim rescue dan satu tim ABK KN SAR Setyaki lengkap dengan peralatan SAR air menuju lokasi kejadian guna melakukan pencarian terhadap korban,”kata Manca Rahwanto Senin (8/7/2024).

Dijelaskan Manca, korban tenggelam pada Sabtu sore sekitar pukul 15.30 wib, korban merupakan kernet Speed boat 400 Pk Semoga Jaya yang diserangi Ansori berangkat dari dermaga Tugu Belido BKB Palembang tujuan PT OKI Pulp Sei Baung dengan membawa 20 orang penumpang dan 1 orang kernet atas nama Zamani.

“Setelah sekitar 30 menit perjalanan atau sekitar pukul 16.00 WIB, speed boat berlabuh di rumah rakit di daerah Mariana Kecamatan Banyuasin I untuk membeli BBM.

Saat membeli BBM Ansori mencari kernetnya namun setelah dicari diseluruh bagian speed boat Zamani tak kunjung ditemukan dan diduga kuat zamani terjatuh kesungai saat dalam perjalanan,”ungkap Manca.

Dikatakan, Tim SAR gabungan sudah melakukan sejak kemarin siang bersama dengan potensi SAR seperti TNI AL, Polairud Polda Sumsel, KPLP, Pihak Speed Boat dan masyarakat.

“Metode pencarian kita lakukan dengan membagi Tim SAR gabungan menjadi dua (2) SRU. SRU 1 melakukan pencarian dengan cara penyisiran permukaan air menggunakan perahu karet dan perahu masyarakat dengan luas area pencarian 3 NM² ke arah timur sedangkan SRU 2 melakukan pencarian dengan menggunakan kapal RIB dengan luas area pencarian hingga radius 11 NM² kearah timur laut serta melakukan penyebaran informasi kepada masyarakat disepanjang pesisir sungai musi,” imbuhnya.

“Semoga dengan berbagai upaya yang kita lakukan ini, korban dapat segera ditemukan,”tutupnya.

Komentar