RS Bhayangkara M Hasan Palembang Bantu Cari Donor Kornea Mata untuk Berlian

PALEMBANG- Rumah Sakit Bhayangkara M Hasan Palembang membantu penyembuhan dan pengobatan mata Berlian Putri (12) siswi SMP korban dugaan malpraktik oknum bidan Palembang.

Hal ini terungkap setelah Berlian terlihat didampingi Ibu dan bibinya datang ke rumah sakit Bhayangkara M Hasan Palembang Senin (12/8/2024) siang.

Kepada wartawan Balqis, Bibi Berlian mengaku kedatangannya ke rumah sakit karena mendapatkan referensi dari salah satu kerabat dan ingin berkonsultasi mengenai pengobatan dan donor kornea.

“Rumah Sakit Bhayangkara juga mengundang kami, ada yang ngasih tau referensi kalau mau berobat coba ke RS Bhayangkara mungkin ada jalan keluar,” ujar Balqis.

Akhirnya pihak rumah sakit Bhayangkara Moh Hasan Palembang akan berkoordinasi dengan Rumah Sakit di Jakarta untuk turut membantu mencarikan donor kornea/mata untuk Berlian.

“Kata dokter solusinya kalau ada donor kornea mata, itu diusahakan. Mereka akan diskusi dengan rumah sakit di Jakarta kalau ada yang bisa didonasikan ke Berlian nanti akan dihubungi, ” katanya.

Kondisi Berlian sendiri pasca operasi, masih harus menjalani kontrol rutin di Rumah Sakit Umum Pusat Muhammad Hoesin. Masih ada kemungkinan Berlian bisa melihat jika ada kornea mata.

“Memang harus ada kornea mata baru bisa melihat. Pemasangan kornea mata bisa dilakukan dengan syarat matanya masih bagus setidaknya ada bagian yang tidak rusak,” katanya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto mengatakan, pihak rumah sakit Bhayangkara Moh Hasan Palembang sudah berkomunikasi dengan korban dan keluarganya.

“Keluarga korban sudah dihubungi oleh pihak rumah sakit dan korban disarankan datang untuk dicek dan konsultasi,” katanya.

Setelah dokter RS Bhayangkara Moh Hasan memeriksa kondisi mata, memang terdapat indikasi kerusakan pada kornea mata.

“RS Bhayangkara Moh Hasan akan koordinasi dengan Rumah Sakit Bhayangkara di Jakarta kalau ada kornea yang bisa didonorkan. Tapi kalau sudah ada, penanganannya kembali dilakukan di Rumah Sakit Umum Pusat Muhammad Hoesin,” tandasnya.(pra)

Komentar