Bidan Agustina yang Sebabkan Siswi SMP Buta Ternyata Tak Miliki Izin Praktek

PALEMBANG- Penyelidikan kasus dugaan malpraktik oknum bidan berinisial AG yang menimpa siswi SMP bernama Berlia Sari (13) yang dilaporkan Nila Sari orang tua korban di Polda Sumsel pada 17 Juli 2024 lalu terus mengalami perkembangan.

Terbaru penyidik Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel bakal segera melakukan gelar perkara.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto mengatakan dalam proses penyelidikan sampai hari ini penyidik Subdit Tipiter Ditreskrimsus Polda Sumsel sudah memeriksa 10 orang saksi dua diantaranya 2 saksi ahli.

“Mereka yang sudah diperiksaa yakni delapan saksi diantaranya pelapor (ibu korban), dokter Sp kulit RS Myria, dokter Sp mata RSUP, dokter Sp mata RS Myria, dokter Sp anak RS Myria, Sekretaris Ikatan Bidan Cabang Palembang, pendamping korban saat berobat, termasuk keterangan terlapor. Serta saksi ahli Pidana Kesehatan dari Universitas Jambi dan ahli dari Konsil Kebidanan Indonesia,” kata Sunarto kepada wartawan Senin (19/8/2024).

Selain itu, penyidik juga sudah mendatangi tempat praktik terlapor di Jalan Suka Karya Kelurahan/Kecamatan Sukarami Palembang yang telah digunakan sejak tahun 2020.

“Setelah dilakukan pengecekan tentang izin praktek, ternyata terlapor tidak memiliki izin praktek,”ungkapnya.

Dari kasus ini, penyidik telah mengamankan barang bukti berupa plang nama praktik bidan AG dan 6 jenis sampel obat yang diberikan oleh bidan AG kepada Berlian Putri.

Penyidik juga sudah berkoordinasi dengan pihak JPU serta berkoordinasi dengan Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI) Jakarta untuk permintaan rekomendasi penyelidikan. “Saat ini tim mempersiapkan gelar perkara tersebut,” katanya.

Sebelumnya pihak RS Bhayangkara M Hasan Palembang berupaya membantu penyembuhan ataupun perawatan korban. RS Bhayangkara M Hasan Palembang langsung dari Pjs Karumkit AKBP dr Andrianto sudah berkomunikasi dengan orang tua korban untuk dilakukan pemeriksaan. Bahkan RS Bhayangkara M Hasan siap mencarikan donor kornea mata agar Berlian Putri bisa melihat kembali. (Pra)

Komentar