Protes Revisi UU Pilkada, Mahasiswa dari Berbagai Kampus di Palembang Kepung Gedung DPRD Sumsel

PALEMBANG- Memakai jaket almamater dari kampusnya masing-masing, ratusan elemen mahasiswa dari berbagai kampus negeri maupun swasta di kota Palembang menggelar aksi demo di gedung DPRD Provinsi Sumsel Kamis (22/8/2024) siang.

Aksi demo ini sebagai bentuk protes terhadap DPR RI khususnya badan Legislasi karena menyetujui Revisi UU Pilkada. Revisi tersebut secara tak langsung telah mencederai konstitusi dan demokrasi.

Selain lewat pengeras suara protes juga disampaikan lewat spanduk dan poster yang mereka bentang secara bersama di depan gedung wakil rakyat Sumsel.

Wakil Wakil Ketua BEM Universitas Sriwijaya, M Fariz Akendra menyampaikan mahasiswa akan melakukan mimbar bebas, menyampaikan ultimatum dan tuntutan.

“Karena ini aksi damai sehingga kami mempersilakan teman-teman menyuarakan ataupun menyampaikan aspirasinya secara lantang” kata M Fariz Akendra

Dikatakan Faris mahasiswa mewakili masyarakat secara luas sangat kecewa terhadap langkah DPR RI yang dinilai serampangan dan merusak konstitusi.

“Kami tegaskan bahwa aksi kami ini untuk mengawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Kami menilai bahwa ada kesalahan berpikir dari para anggota dewan karena membuat keputusan secara tiba-tiba,”ungkapnya.

Sampai berita ini diturunkan aksi damai ini masih terkendali dengan kawalan aparat kepolisian.

Sementara terlihat anggota Fraksi PKS Mgs Syaiful Padli dan anggota Fraksi PDI Perjuangan, Susanto Adjis siap menyambut perwakilan mahasiswa untuk menerima aspirasi mereka. (Pra)

Komentar