3 Paslon Bersaing di Pilkada Sumsel, HDCU-ERA-Matahati

Palembang – Sebanyak 3 pasangan calon ditetapkan KPU Sumatera Selatan berkompetisi di Pilkada Sumsel. Ketiganya adalah Herman Deru-Cik Ujang (HDCU), Eddy Santana Putra-Riezky Aprilia (ERA) dan Mawardi Yahya-RA Anita Noeringhati (Matahati).

“Dari semua berkas yang kami periksa, maka kami sudah menandatangani berita acara penetapan calon. Paslon pertama Herman Deru-Cik Ujang, Eddy Santana Putra-Riezky Aprilia dan Mawardi Yahya-RA Anita Noeringhati. Mereka dinyatakan lolos untuk mengikuti tahapan selanjutnya dalam pemilihan Gubernur dan Wagub Sumsel,” ujar Ketua KPU Sumsel, Andika Pranata Jaya, Minggu (22/9/2024).

Dia menyebut, seluruh Paslon telah melengkapi berkas dan dokumen persyaratan untuk pendaftaran Paslon Gubernur/Wagub Sumsel. Meskipun ada perbaikan pada beberapa administrasi yang disampaikan.

“Kami telah memeriksa berkas persyaratan yang masuk, termasuk berkas perbaikan yang disampaikan seluruh Paslon. Kami meneliti satu persatu berkas, mulai dari berkas syarat calon dan pencalonan. Jadi ada dua hal yaitu syarat calon dan syarat pencalonan,” jelasnya.

Soal pengundian nomor urut, KPU Sumsel akan melaksanakan pada Senin (23/9) pukul 19.30 WIB di kantor mereka. Dalam pelaksanaan nanti, jumlah massa yang ikut dibatasi 52 orang (termasuk Paslon).

“Kami mengatur situasi yang di dalam lingkungan KPU hanya bisa membawa 52 orang termasuk Paslon untuk ikut pengundian di Lantai 2 Gedung KPU Sumsel” terangnya.

Pihaknya juga menyiapkan live streaming untuk massa, relawan dan pendukung yang hadir di halaman Gedung KPU Sumsel. Setiap Paslon bisa membawa 100 massa menyaksikan pengundian.

“Terkait pawai menuju KPU Sumsel, Andika meminta koordinasi Paslon dengan pihak yang berwajib,” tukasnya.

Komentar