Bawaslu Sumsel Mulai Identifikasi Kerawanan Pilkada 2024

PALEMBANG- Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kini mulai mengidentifikasi kerawanan.

Hal ini guna mencegah pelanggaran dan sengketa proses pada Pilkada 2024 mendatang.

“Indeks kerawanan Pemilu (IKP) ini menjadi acuan dalam menentukan bentuk pencegahan yang baik untuk dilakukan,” kata Ketua Bawaslu Sumsel, Kurniawan.

Nantinya, Bawaslu juga akan memberikan Pendidikan politik kepada masyarakat agar kesadaran politik dan pengetahuan terkait Pemilihan Umum (Pemilu) semakin meningkat.

Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi pengawasan Pemilu Partisipatif yang diharapkan dapat membantu kerja pengawasan Bawaslu.

“Kami tidak bisa bekerja sendiri, kami butuh bantuan banyak pihak. Karena itu, kami memelihara hubungan baik dan memasifkan koordinasi dengan stakeholder seperti pemerintah, Lembaga, ormas, kelompok perempuan, media dan lain sebagainya,” katanya.

Menurutnya merupakan bentuk komitmen Bawaslu dalam mewujudkan pemilihan yang jujur dan adil. Pihaknya juga memastikan Bawaslu akan mengawasi setiap tahapan pemilu /pilkada secara ketat.

“Sebagai bentuk pencegahan, kami telah memberikan imbauan, saran perbaikan dan rekomendasi kepada partai politik dan KPU serta memberikan saran terbaik kepada KPU, pungkasnya.

Komentar