Buka POPNAS XVI, Menpora : Sumsel Berpengalaman di Event Olahraga

PALEMBANG – Evant Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS XVI) 2023 kembali digelar. Event ini menjadikan Sumatera Selatan sebagai tuan rumah dengan pelaksanaan dimulai 27 Agustus –  3 September mendatang. POPNAS XVI melibatkan lebih dari 7.000 atlet dan official dari 34 provinsi dengan mempertandingkan 22 cabang olahraga (Cabor).

POPNAS XVI dibuka resmi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo didampingi Gubernur Sumsel, Herman Deru yang ditandai dengan penyalaan obor dan defile kontingen di PSCC Palembang, Minggu (27/8) malam.

Dalam sambutannnya, Menpora mengapresiasi kesiapan Sumsel dalam menyukseskan event olahraga tingkat nasional ini. “Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Provinsi Sumsel yang telah menyiapkan POPNAS XVI dengan sangat baik,” ujar Dito.

Ia yakin, penyelenggaraan POPNAS di Sumsel akan berjalan lancar dan sukses, mengingat provinsi ini sudah  berpengalaman menjadi tuan rumah event olahraga skala nasional dan internasional. “Kita dorong Sumsel dengan keberadaan Jakabaring Sport City (JSC) yang memiliki fasilitas olahraga lengkap sebagai pusat kegiatan sport tingkat internasional,”  jelasnya.

Menpora juga mengapresiasi tiga provinsi yang mengirim atlet terbanyak pada ajang POPNAS kali ini, yaitu Sumsel 371 atlet, Jabar 368 atlet dan DKI Jakarta 349 atlet. “POPNAS adalah tonggak sejarah untuk mengukir prestasi bagi para atlet junior kita. Ini adalah batu loncatan untuk bertanding di multi event yang lebih besar lagi,” ungkapnya.

Dito menyebut, POPNAS sebagai ajang pembinaan atlet muda dari kalangan pelajar dalam mengasah talenta skill  sekaligus sebagai latihan  peyiapan mental berlaga di level yang lebih tinggi. “Perhelatan POPNAS sangat penting untuk memberi pengalaman berharga bagi para pelajar,” tukasnya.

Gubernur Sumsel, Herman Deru mengapresiasi karena Sumsel kembali ditunjuk menjadi tuan rumah event olahraga, salah satunya POPNAS XVI. Ia menjamin, sebagai tuan rumah akan berupaya memberi layanan terbaik bagi para tamu, atlet dan official.

“Mulai dari pembukaan, pelaksanaan pertandingan hingga penutupan nantinya. Kami ucapkan terima kasih kepada semua unsur yang terlibat, khususnya atlet pelajar Sumsel, mari berjuang untuk menang dengan  tetap menjunjung semangat sportifitas,” ujar Deru.

Sekda Provinsi Sumsel yang juga Ketua Pelaksana Popnas XVI, SA Supriono menyebut tujuan digelarnya Popnas XVI untuk meningkatkan prestasi olahraga dikalangan pelajar, serta mempersiapkan mereka untuk berbagai kegiatan di nasional ataupun internasional.

“Ada 22 cabor yang dipertandingkan pada Popnas di Palembang kali ini, masing-masing  judo, tinju, kempo, tenis lapangan, sepak bola, sepak takraw, voli indoor, bola basket, wushu, taekwondo, senam, renang, pencak silat, panjat tebing, panahan, menembak, karate, dayung, balap sepeda, buluntangkis, atletik dan angkat besi,” imbuhnya.

Komentar