Bupati Okut H Lanosin Ikut Langsung Panen Raya Nusantara Satu Juta Hektare

ELNEWS – Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin ST ikut langsung dalam kegiatan Panen Raya Nusantara Satu Juta Hektare, yang diadakan serentak di 66 Titik di Indonesia dan salah satunya ada di desa Raman Agung Kecamatan Buay Madang Timur kabupaten OKU Timur, Kamis (9/3/2023).

Kegiatan yang juga di hadirin langsung oleh kepala balai besar istrumen pengujian sumber standarisasi daya lahan pertanian (BBPSISDLP) husnain sp.mp.msc. phd dan kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur Junadi, SP.MM.

Lanosin Sambutan Pada Panen Raya Nusantara Satu Juta Hektare

Dalam laporannya kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur Junadi, SP.MM mengatakan kegiatan Panen Raya Nusantara Satu Juta Hektare diadakan serentak di Indonesia sebanyak 66 titik salah satunya ada di kabupaten OKU Timur.

“Dan pada hari ini sebanyak 25 Hektare yang akan di panen hari ini dengan total luas keseluruhan di desa Raman Agung ini seluas 137 hektare dan dengan total luas lahan panen pada bulan Maret ini di kecamatan Buay Madang Timur seluas 2.859 hektar,”jelasnya

Junadi juga melaporkan pada bulan Januari kabupaten OKU Timur 2023 seluas 2.512 hektare dengan produksi 19.718 Ton/GKP sedangkan untuk Luas panen di OKU Timur Bulan Februari Tahun 2023 seluas 6.686 hektare dengan produksi 51.049 Ton/GKP.

Bupati Okut H Lanosin Ikut Langsung Panen Raya Nusantara Satu Juta Hektare

” untuk Prediksi Luas panen di OKU Timur Bulan Maret Tahun 2023 seluas 17.791 hektare dengan produksi 135.839 Ton/GKP Rencana Luas Panen Tahun 2023 seluas ” Ha dengan target produksi 865.960 ton GKG atau setara dengan 1.018.000 ton GKP, “jelasnya

Sementara itu kepala balai besar istrumen pengujian sumber standarisasi daya lahan pertanian (BBPSISDLP) husnain sp.mp.msc. phd dalam arahannya sangat mengapresiasi Bupati OKU Timur yang telah fokus di bidang pertanian.

” Kami sangat bangga dengan Bupati OKU Timur Ir. H Lanosin ST yang sangat memberi perhatian kuhusu di bidang pertanian dan saya berharap kedepan akan terutama semakin baik lagi,”ungkapnya.

Bupati Okut H Lanosin Ikut Langsung Panen Raya Nusantara Satu Juta Hektare

husnain juga dalam sambutannya melaporkan bahwa kedepan kementrian pertanian akan mengikuti produksi pertanian melalui satelit yang akan memantau 100 persen lahan di Indonesia dengan jangkauan resolusi 10 meter, dengan update 2 pekan sekali.

” Dengan apa yang telah di sampai tadi oleh kepala dinas pertanian 7,4 ton perhektare dengan bantuan irigasi sudah sangat baik , dan saya yakin dengan program program kepala dinas pertanian kedepan akan lebih mengikat lagi, “jelasnya

Sedangkan Bupati OKU Timur Ir H. Lanosin Hamzah ST Dalam sambutannya Bahwasanya Pertanian di OKU Timur merupakan salah satu sumber terbesar PDRB bagi masyarakat,

“Kenaikan ekonomi akan sia-sia jika tidak melibatkan banyak orang di kabupaten OKU Timur hal ini dibuktikan dengan lahan pertanian yang seluruhnya dimiliki oleh masyarakat.

Bupati Okut H Lanosin Ikut Langsung Panen Raya Nusantara Satu Juta Hektare

Bupati juga berharap untuk mendukung peningkatan hasil pertandingan dengan bantuan peralatan pertanian seperti traktor kepada Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Pengujian Standarisasi Instrumen Sumber Daya Lahan Pertanian untuk bisa di bantu untuk di kabupaten OKU Timur

“Saya menargetkan 1 juta ton GKP, untuk itu kepada seluruh instrumen pemerintahan yang ada tentang ketahanan pangannya untuk meningkatkan hasil panen,” pungksanya

Kemudahan kegiatan di lanjutkan dengan penyerahan bantuan benih, pupuk, obat obatan dan alsintan kepada kelompok tani. (Adv)

Komentar