Dorong Pergerakan Ekonomi Desa, Pemprov Sumsel Resmikan Tiga Jembatan di OKU

OKU – Bantuan keuangan yang bersifat khusus dari APBD Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk kabupaten/kota selalu digulirkan tiap tahun. Khusus di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) sejak 2019 – 2023, nilai yang dikucurkan untuk pembangunan dari APBD itu mencapai Rp426 miliar.

Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan, sudah menjadi kewajibannya sebagai kepala daerah mengupayakan pembangunan yang merata di 17 kabupaten/kota di Sumsel, termasuk di OKU. “Dengan pemerataan pembangunan, diharapkan akan semakin mewujudkan Sumsel maju untuk semua secara berkeadilan,” ujar Deru saat meresmikan tiga infrastruktur jembatan di OKU, Sabtu (27/8).

Dalam peresmian itu, Deru juga menyerahkan alokasi dana bantuan keuangan bersifat khusus Pemprov Sumsel 2023 pada sektor jalan untuk Kabupaten OKU senilai Rp46,5 miliar. Sementara peresmian di OKU, dilakukan di Jembatan Bong Desa Lontar, Jembatan Air Terentang Lubuk Batang Lama dan Jembatan Air Kurup Lubuk Batang.

Ketiga jembatan itu disebutnya telah lama dinantikan warga. Sebab, selain menghubungkan masyarakat antar desa, jembatan ini juga untuk menggerakkan perekonomian karena akan memudahkan distribusi berbagai komoditas hasil pertanian dan perkebunan di daerah.

“Dengan akses jalan yang baik dan ketersediaan jembatan ini, harapan kita potensi yang ada di OKU, khususnya Desa Lontar akan semakin mudah dilihat dan warga rantau tertarik datang kesini,” jelasnya.

Ia menambahkan, meski sudah terbangun jembatan, namun menurutnya masih perlu didukung pelebaran jalan di sekitarnya. Dirinya meminta warga ikut membantu Pemkab menyediakan lahan untuk kepentingan bersama. Selain mendorong Pemkab OKU menambah fasilitas jalan, Pemprov juga mendorong Pemkab melakukan pembangunan pasar di Desa Lontar.

Dengan begitu, warga tak perlu jauh belanja ke desa seberang dan bisa menjual hasil pertanian dan perkebunannya. “Kalau sudah ada tanahnya, laporkan ke Bupati. Kecil-kecil dulu dan bedakan hari operasionalnya dengan desa terdekat,” jelasnya.

Pj Bupati OKU, Teddy Meilwansyah mengungkapkan, sejak 5 tahun terakhir OKU menerima bantuan dari Pemprov Sumsel. Baik untuk pembangunan jalan, jembatan dan rumah sakit (RS). Ia meminta masyarakat untuk menjaga insfrastruktur yang telah dibangun secara bersama-sama.

“Jembatan yang sudah dibantu pembangunannya ini mohon dijaga bersama. Jangan dirusak atau dicuri besinya karena ini untuk kepentingan kita bersama,” jelasnya.

Komentar