HDCU Paslon Pertama Daftar Pilkada Sumsel di KPU

Palembang – Bakal Calon Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru-Cik Ujang (HDCU) menjadi pasangan calon yang pertama mendaftar di KPU. Puluhan ribu massa mengantar HDCU ke KPU Sumsel usai deklarasi di Plaza Jakabaring Sport City (JSC).

“Sesuai dengan jadwal yang ditentukan KPU, maka kami ambil waktu di awal atau saat hari pertama pendaftaran. Semua berkas yang kami serahkan bersama-sama tim kampanye, partai pengusung dan pendukung dari NasDem, PKS, Demokrat, Perindo, PBB dan PSI. Semuanya dinyatakan lengkap oleh KPU,” ujar Herman Deru, Selasa (27/8/2024).

Dua Parpol terakhir adalah non parlemen yang baru memberi dukungan untuk HDCU. Kedua Parpol itu menyampaikan dukungan pada saat  deklarasi.

Ia menyebut, alasan mendaftar di awal agar bisa menyelesaikan semua berkas dengan cepat dan tepat waktu. Sehingga, ketika ada koreksi di KPU semuanya bisa diperbaiki dan dibenahi lebih dini.

Pendaftaran HDCU di KPU cukup singkat. Disebutnya hanya sekitar 20 menitan. Yakni mulai pukul 11.14 WIB-11.35 WIB. Pasca pendaftaran, HDCU akan melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUP Mohammad Hoesin Palembang.

“Setelah ini KPU akan lanjutkan ke tahap verifikasi, besok kami dijadwalkan untuk pemeriksaan kesehatan,” ungkap Deru.

Ketua KPU Sumsel, Andika Pranata Jaya mengatakan, dokumen HDCU sudah dinyatakan lengkap. Setelahnya, KPU Sumsel akan memverifikasi dan memeriksa berkas Pasloj tersebut.

“Dalam verfikasi nanti ada 2 tahapan, apakah benar dan sah atau apakah belum benar dan belum sah. Jika belum benar maka proses pemeriksaan administrasinya masih bisa dilengkapi dan diperbaiki,” ujarnya.

Pihaknya juga menetapkan jadwal pemeriksaan untuk HDCU di RSUP Mohammad Hoesin Palembang. Yakni pada 38 Agustus 2024 pukul 07.00 WIB. HDCU juga diminta puasa sebelum dilakukan pemeriksaan.

“Tim kami juga sudah siap untuk proses pemeriksaan nanti, termasuk tim dokter di RSUP Mohammad Hoesin Palembang,” jelasnya.

Komentar