Kerusakan Jalan Tegal Binangun Makin Parah

PALEMBANG- Kerusakan jalan Tegal Binangun, Kelurahan Jakabaring Selatan, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Sumsel kian memprihatinkan.

Kerusakan ini bertambah parah karena curah hujan yang mengguyur membuat jalan hancur. Padahal jalan Tegal Binangun hanya berjarak 13 Km dari Kantor Gubernur Sumsel.

Pantauan wartawan dilapangan Rabu 5 Mei 2024, kerusakan mulai terjadi ketika memasuki jalan Tegal Binangun. Terdapat beberapa titik lubang besar dan dalam serta digenangi oleh air.

Kondisi tersebut sudah sangat membahayakan bagi pengendara khusus pengguna motor.

Bukannya diperbaiki oleh Pemkab Banyuasin, justru jalan Tegal Binangun seolah dicuekin, hal tersebut menjadi keluhan warga.

Dewi salah satu warga Tegal Binangun mengeluhkan jalan Tegal Binangun yang kian rusak parah.

“Ya rusak parah, kalau hujan tidak terlihat lubang-lubang besar, kasihan anak-anak sekolah sering terbalik motornya,” ungkap Dewi, Rabu 8 Mei 2024. Apalagi saat ini musim penghujan, akibatnya jalan kian rusak.

“Akibat jalan rusak juga mengakibatkan kemacetan karena mobil dan motor pelan-pelan ketika melintasi jalan rusak,” keluhnya.

Senada dengan Andi sopir mobil yang ban pecah menuturkan, akibat jalan rusak laju ban mobil pecah.

Diakuinya, kerusakan jalan sangat parah karena digenangi oleh air hujan. Apalagi kiri dan kanan jalan tidak mempunyai drainase sehingga air tidak bisa mengalir dan tergenang di jalan. “Sudah beberapa kali masuk di media sosial tapi tidak ada tindak lanjut dari Pemkab Banyuasin,” ucapnya.

Padahal, Pemkab Banyuasin mengklaim wilayah Tegal Binangun ini masuk Banyuasin.

“Coba saja kalau masuk Palembang mungkin pemerintah Palembang langsung memperbaikinya,” keluhnya.

Sedangkan Deni, seorang pedagang di pasar Induk Jakabaring yang setiap hari melintasi jalur itu mengatakan akibat dari rusaknya jalan tersebut sudah banyak pengguna jalan yang celaka di jalur itu.

“Selain sering menimbulkan kecelakaan, pecah ban, dan anak sekolah terjatuh, jalan rusak itu sangat menyusahkan kami pedagang,” tegasnya.

Sebelumnya, pada Minggu 24 Maret 2024 lalu Pj Bupati Banyuasin Hani Sopiar Rustam bersama Plt Kepala Dinas PUTR Banyuasin, Apriansyah melakukan peninjaukan sejumlah jalan rusak yang ada di wilayah Banyuasin. Seperti di Kecamatan Talang Kelapa dan Kecamatan Rambutan, Banyuasin.

Pj Bupati Banyuasin meninjau di jalan perjuangan Kelurahan Sukomoro, Kecamatan Talang Kelapa yang rusak karena tergerus air. Setelah itu, Pj Bupati pun meninjau jalan lintas timur Palembang-Betung. Selanjutnya meninjau Jalan Tegal Binangun, Kelurahan Jakabaring Selatan.

Di sini Pj Bupati Banyuasin melihat 3 titik jalan rusak parah. “Kami melakukan mengecekan, karena banyaknya keluhan masyarakat melalui sosial media terkait jalan yang rusak di Tegal Binangun,” kata Hani Syopiar Rustam didampingi Plt Kadis PUTR Apriansyah.

Komentar