Kolaborasi RMOLSumsel dan Pemprov Sumsel: Lomba Esai Pacu Kreativitas Pelajar Membangun Daerah

PALEMBANG- Penyerahan hadiah untuk Lomba Jurnalistik antar pelajar dengan tema ‘Andai Aku Jadi Gubernur’ serta E-Mading bertema ‘Sekolahku Kebanggaanku’ resmi dilakukan pada Rabu (28/8).

Mewakili Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi, Sekretaris Daerah (Sekda) Edward Candra menyampaikan apresiasinya terhadap lomba yang mengajak para pelajar untuk berpikir kreatif dan berinovasi untuk kemajuan daerahnya.

Apalagi, kegiatan yang digagas oleh Kantor Berita RMOLSumsel ini, menurut Edward merupakan terobosan yang sangat baik yang pernah dilakukan oleh media massa di Sumsel. Tidak hanya dari sisi pemberitaan, media massa menurutnya juga bertanggung jawab untuk memberikan manfaat bagi khalayak.

“Kami mengenal RMOLSumsel sebagai media yang kritis namun membangun. Kegiatan ini menjadi bukti bahwa media massa juga punya tanggung jawab lebih untuk bisa bermanfaat dan ikut membangun daerah lewat perlombaan yang inovatif seperti ini,” ungkap Edward.

Disampaikannya, kegiatan ini sejatinya digelar menyambut HUT Sumsel ke-78, namun baru dapat dirampungkan pada bulan ini. Meskipun demikian, Edward menyebut hal itu tidak mengurangi makna dan manfaat dari kegiatan kolaboratif antara Pemprov Sumsel dan RMOLSumsel ini.

“Kemitraan ini sepatutnya terus digelorakan dan digalakkan kedepan untuk sama-sama membangun Sumsel. Sebagaimana kami pemerintah daerah berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat, begitu pula media yang beriringan mengawal kami untuk pembangunan,” katanya.

Para pemenang lomba ini sebelumnya juga telah merasakan bagaimana menjadi Gubernur dengan ikut serta dalam rangkaian kegiatan Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni beberapa waktu lalu. Melalui kesempatan berharga itu, Edward berharap para pemenang bisa memetik pengalaman terbaik.

“Kita doakan semoga mimpi adik-adik ini nantinya menjadi kenyataan dan bisa betul-betul menjadi gubernur,”kata Edward.

Di tempat yang sama, pimpinan Kantor Berita RMOLSumsel, Fajar Wiko mengungkapkan bahwa kegiatan ini terselenggara berkat kolaborasi antara Pemprov Sumsel dan pihaknya yang memang berkomitmen untuk memajukan Sumsel.

Lewat kegiatan ini, diharapkan muncul ide kritis disertai pemahaman dan tanggung jawab anak muda, khususnya pelajar Sumsel untuk bisa berkontribusi membangun daerah. Secara kebetulan, kegiatan ini juga didukung oleh Bank SumselBabel yang memiliki tagline ‘mitra anda membangun daerah’.

“Tidak terlepas dari dukungan pihak sponsor, komitmen kita bersama lewat kegiatan ini akhirnya sukses digelar sesuai dengan harapan. Bahkan kita berencana untuk terus berkolaborasi untuk menggelar kegiatan selanjutnya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, pemenang lomba esai jurnalistik untuk kategori juara pertama diraih oleh Muhammad Zaldi dari SMAN Plus 2 Banyuasin III, disusul oleh Aurelliana Lakeisha Johanes dari SMA Ignatius Global School sebagai juara kedua, dan Jihan Salsabila dari SMA LTI IGM sebagai juara ketiga.

Sementara itu, dalam lomba E-Mading, juara pertama diraih oleh Ririn Melviana dari SMA Negeri 2 OKU, dengan juara kedua oleh M Risky Anandhio Sophian dari SMA 15 Palembang, dan juara ketiga oleh Keolin Juan Halim dari SMA Ignatius Global School. Juara favorit dalam lomba E-Mading diraih oleh Farishca Arni Iskandar dari SMK Negeri 4 Palembang.

Acara ini tidak hanya merayakan HUT Sumsel tetapi juga menunjukkan komitmen RMOLSumsel dalam mendorong kreativitas dan inovasi di kalangan pelajar, sebagai bagian dari upaya membangun generasi muda yang berkualitas dan berdaya saing.

Hadir dalam seremoni pemberian hadiah ini, Strategic PR, Media Relation dan CSR, Bank Sumsel Babel Taufiq Hidayat, Karo Protokol Pemprov Sumsel, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, perwakilan sponsor dan guru serta siswa sekolah pemenang.

Komentar