Kontingen Sumsel Target Masuk 10 Besar Ajang PON XXI di Aceh

PALEMBANG- Sumsel menargetkan untuk masuk 10 besar dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara pada September 2024. Target ini mencakup perolehan 58 medali.

Ketua Harian KONI Sumsel, Aliandra Pati Gantada, menyampaikan hal tersebut saat audiensi dengan Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel, Elen Setiadi, kemarin.

“Selain silaturahmi, kami juga melaporkan persiapan kontingen Sumsel untuk PON Aceh-Sumut September mendatang. Insya Allah, target kita adalah masuk 10 besar dengan perolehan 20 medali emas, 12 perak, dan 26 perunggu, total 58 medali,” ujar Gantada.

Ada sejumlah cabang olahraga (cabor) unggulan yang diharapkan dapat menyumbangkan medali bagi Sumsel di PON nanti, di antaranya balap sepeda, ski air, judo, dan lainnya.

“Ada 11 cabor unggulan yang diharapkan menyumbang medali, di antaranya balap sepeda, ski air, judo, gulat, silat, menembak, paramotor, dan beberapa cabor lainnya,” tambahnya.

Gantada juga menyebutkan jumlah atlet yang akan dikirim, yakni sekitar 250 atlet dengan 79 pelatih. Para atlet ini akan terbagi di dua lokasi, dengan 145 atlet ditempatkan di Sumatera Utara dan 112 atlet di Aceh.

“Rencananya, keberangkatan kloter pertama akan dilakukan pada 23 Agustus nanti, disusul pada 26 Agustus, dan kemudian sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Mengenai anggaran, Gantada mengungkapkan bahwa semua biaya terkait PON telah ditanggung oleh Pemda. Namun, untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya, ia berharap dapat memperoleh tambahan anggaran melalui Anggaran Belanja Tambahan (ABT) Perubahan.

“Alhamdulillah, semua biaya PON Aceh-Sumut sudah ditanggung Pemda. Sedangkan untuk kegiatan selanjutnya, KONI berharap segera mendapatkan anggaran melalui ABT Perubahan,” ujar Gantada.

Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi, berharap Sumsel meraih hasil maksimal di PON nanti. Kontingen Sumsel rencananya akan dilepas pada 21 Agustus di Jakabaring.

“Pelepasan kontingen ini masih tentatif, rencananya pada 21 Agustus. Kita berharap kontingen Sumsel akan meraih hasil maksimal sehingga dapat mengharumkan nama Sumsel di level nasional,” tambahnya. (Eps)

Komentar