KPU Sumsel Tunjuk RSUP Mohammad Hoesin Tes Kesehatan Bacakada

Palembang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan menunjuk RSUP Mohammad Hoesin untuk pemeriksaan kesehatan para bakal calon kepala daerah (Bacakada). Penunjukkan itu karena fasilitas lengkap yang dimiliki RS tersebut.

“Para Bacakada yang telah mendaftar di KPU bisa langsung melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUP Mohammad Hoesin. Biaya ditanggung oleh KPU,” ujar Ketua KPU Sumsel, Andika Pranata Jaya usai penandatangan kerja sama dengan RSUP Mohammad Hoesin, Jumat (24/8/2024).

Selain untuk Bacagub/Bacawagub Sumsel, pemeriksaan kesehatan di RS itu juga untuk para Paslon di kabupaten/kota. Pihaknya menentukan waktu pemeriksaan selama tujuh hari dalam pemeriksaan kesehatan para Paslon.

“Pemeriksaan bisa dilakukan mulai 27 Agustus-2 September. Pemeriksaan diperkirakan memakan waktu 1 hari,” katanya.

Sementara Ditektur Medik dan Keperawatan RSUP Mohammad Hoesin, Paryanto mengatakan, skrining kesehatan yang dilakukan pada fisik dan mental para Bacakada. Pihaknya juga telah menyediakan sejumlah dokter untul berbagai penanganan pengecekan kesehatan Bacakada.

“Pemeriksaan kesehatan yang kami lakukan sesuai dengan Juknis yang ada, skrining kesehatan hanya pada fisik dan mental saja. Kerja sama juga dilakukan dengan BNN untuk pengetesan narkotika dan Himpsi (Himpunan Psikologi Indonesia) untuk psikologinya,” ujarnya.

Menurutnya, jika ditemukan Bacakada yang tidak normal, pihaknya sudah memiliki fasilitas lengkap dalam pengecekan kesehatan. Dalam pemeriksaan itu, pihaknya akan menyampaikan hasilnya kepada KPU.

“Kita hanya memeriksa kesehatan para Bacakada, output pemeriksaan yang bersangkutan apakah sanggup menjalankan tugas atau tidak itu di KPU. Fokus kami hanya di kesehatan fisik dan mental Bacakada,” ungkapnya.

Komentar