KWT Di Sembawa Jadi Percontohan

BANYUASIN – Pendapatan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kecamatan Sembawa, Banyuasin menurut Sriatun Anggota DPRD Banyuasin bisa mencapai puluhan juta rupiah.

“Ada KWT di Sembawa yang memiliki kas sampai Rp 11 juta,”ujar Sriatun Anggota DPRD Banyuasin ketika ditemui usai silaturahmi H Askolani dengan Kelompok Wanita Tani se Kecamatan Sembawa, di Desa Rejodadi, Sembawa, Banyuasin, Selasa (23/4).

Uang kas itu sendiri kata Sriatun dihasilkan dari menjual hasil sayur mayur yang ditanam langsung oleh Kelompok Wanita Tani seperti terong, tomat, cabe, lele dan lain sebagainya.

“Artinya bisa tingkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” bebernya.

Oleh karena itu diharapkan kedepannya KWT di Kecamatan Sembawa dapat menjadi contoh untuk kecamatan lainnya di Kabupaten Banyuasin.

Askolani Bupati Banyuasin periode 2018 – 2023 mengatakan kalau gerakan tanam sayur (Gertas) telah berhasil terlaksana, dan diharapkan masyarakat dapat menerapkan hal itu.

“Pastinya bisa menghemat biaya, tidak perlu belanja ke pasar beli cabe, terong dan lainnya,”ujarnya.

Serta masyarakat juga diharapkan dapat memanfaatkan lahan kosong, baik itu di halaman rumah. Usai itu Askolani memberikan bantuan bibit sayur kepada kelompok wanita tani seperti cabe, terong dan lainnya.

“Nanti usai panen saya akan kesini lagi,”bebernya.

Wenda perwakilan KWT mengatakan kalau uang kas KWT itu digulirkan kembali untuk membeli benih sayur, pupuk dan lain sebagainya.

“Kami ucapkan terimakasih, karena program itu telah berhasil,”ujarnya

Komentar