Momentum Ukur Penerapan MBKM di Wilayah II LLDIKTI

BANDAR LAMPUNG- Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II sukses menggelar MBKM Fair tahun 2024 dengan mengusung tema “Inovasi dan Kolaborasi : Lanjutkan MBKM dengan Sinergi Terbaik”, yang dilaksanakan di Hotel Novotel Lampung pada 5 – 6 September 2024.

Acara MBKM Fair ditandai dengan pemukulan tabuh yang dilakukan Wakil Ketua Pusat Program Kampus Merdeka, Amir Mahmud Satari, Kepala LLDikti Wilayah II Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Sc., Ketua Tim Pembelajaran Dit. Belmawa Ditjendiktiristek Dewi Wulandari, S.Si., dan Tim Kampus Merdeka Mandiri Desy Aliandrina.

Acara ini bertujuan untuk mendorong transformasi pendidikan tinggi dan percepatan implementasi kebijakan hak belajar tiga semester di luar program studi, serta mendiseminasikan pencapaian implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri yang telah diraih oleh LLDIKTI Wilayah II dan perguruan tinggi di lingkungannya kepada publik.

Diketahui, MBKM Fair 2024 diharapkan menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan pencapaian terbaik dari berbagai institusi pendidikan tinggi, serta menjadi platform bagi perguruan tinggi untuk menjalin kemitraan strategis yang dapat mendukung keberlanjutan program MBKM.

MBKM Fair menghadirkan acara panel diskusi dengan penyampaian materi tentang Keberlanjutan MBKM oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjendiktiristek yang diwakili oleh Dewi Wulandari, S.Si (Ketua Tim Pembelajaran Dit. Belmawa Ditjendiktiristek), serta materi terkait Strategi Peningkatan dan Percepatan Kemitraan Program Studi dan materi terkait Implementasi dan Akselerasi MBKM Mandiri tahun 2024 oleh Tim KMM Bapak Amirmahmud Saatari dan Ibu Desy Aliandrina, yang dilanjutkan dengan sesi pemaparan oleh mitra MBKM yakni PT. Amati Indonesia, Maxy Academy dan Sekolah Ekspor.

Selain panel diskusi, MBKM Fair diisi dengan sesi Sharing Session terkait keberhasilan implementasi BKP Magang Program UMKM Mandiri Batch 1 Sumatera Selatan dan KKN Tematik Program BIDADARI (Bina Desa Adaptif, Tangguh, dan Mandiri) Angkatan I tahun akademik 2023/2024, dengan menghadirkan Mahasiswa, Dosen Pembimbing Lapangan, Pemerintah Daerah, Pelaku UMKM, serta Mitra terkait. MBKM Fair 2024 juga dimeriahkan oleh hadirnya 16 booth/stan dari perguruan tinggi dan mitra MBKM LLDIKTI Wilayah II yang dirangkai dengan pertunjukan/pentas seni oleh Mahasiswa MBKM.

Kepala LLDIKTI Wilayah II, Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Sc., mengatakan, MBKM Fair 2024 ini merupakan momentum penting untuk menilai sejauh mana program Merdeka Belajar Kampus Merdeka telah membawa perubahan positif di dunia pendidikan tinggi, khususnya di wilayah LLDIKTI II.

“Ini juga menjadi kesempatan untuk menunjukkan kepada publik bagaimana program ini tidak hanya berdampak pada mahasiswa, tetapi juga pada seluruh ekosistem pendidikan di perguruan tinggi,” ucapnya.

Dikatakan, MBKM Fair 2024 bukan hanya sekadar acara seremonial, melainkan sebuah forum strategis untuk mendiskusikan langkah-langkah konkret dalam memperluas dan memperdalam penerapan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“LLDIKTI Wilayah II berkomitmen untuk terus mendukung perguruan tinggi dalam menghadirkan pendidikan yang inovatif, relevan, dan berdampak bagi masyarakat luas,” tandasnya. (Ril)

Komentar