Pemprov Sumsel Genjot Pengembangan Wisata Halal

PALEMBANG – Dari 38 Provinsi di Indonesia, terdapat 15 wilayah yang ramah umat Islam. Sumatera Selatan, berada di posisi keenam dalam nominasi Destinasi Pariwisata Halal Internasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Kita belum lima besar tapi mudah-mudahan di tahun depan kita bisa meningkat di lima besar,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Aufa Syahrizal.

Selaras dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel akan menggenjot pengembangan wisata halal itu agar bisa meningkatkan kunjungan.

Upaya pengembangan wisata halal itu, juga sejalan dengan jumlah wisatawan muslim yang terus menunjukkan tren positif. Baik secara nasional maupun mancanegara.

Ia meyakini seluruh destinasi wisata di Sumsel, baik alam, budaya, religi, dan kuliner memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan.

“Langkah selanjutnya kita akan mengundang pelaku wisata, khususnya hotel dan restoran untuk memberikan pelayanan agar wisatawan yakin destinasi di Sumsel ini halal,” ungkapnya.

Strategi pengembangan destinasi wisata ini, selanjutnya, akam fokus pada konsep Sapta Pesona. Yakni, memenuhi unsur keamanan, kenyamanan, kebersihan, kesejukan, keindahan, kerusakan dan kenangan.

“Orang kalau berkunjung kemudian melihat Sumsel aman, tertib, bersih dan ramah, kemudian kenangan akan muncul sehingga mereka akan kembali lagi,” tukasnya.

Komentar