Peringkat Dua Terbawah, 2023 Target Juara

PALEMBANG – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni tak muluk-muluk memberi target pada ajang Pekan Olahraga Wilayah (PorwiL) XI Tahun 2023 pada 4-14 November di Riau.

“Saya berharap tahun ini Sumsel bisa berada pada peringkat kedua. Dengan semangat dan kekompakan kita bahkan bisa menjadi juara,” ujar Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni saat melepas kontingen Sumsel di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Kamis (2/11/2023) sore.

Terlebih, saat pelepasan kontingan Sumsel diiringi dengan hujan. Hal itu katanya adalah pertanda baik dan dianggap berkah bagi kontingen Sumsel.

Fatoni mengajak seluruh atlet tetap menjaga kekompakan dan saling menguatkan satu sama lain. Juga mengingatkan untuk menjaga kesehatan, bertanding dengan hati yang senang dan bisa membawa kemenangan.

“Skill dan kemampuan memang diperlukan. Namun mental dan daya juang serta kekompakan juga sangat penting. Nama baik Sumsel dipertaruhkan, begitu juga dengan nama baik diri sendiri dan keluarga,” katanya.

Fatoni mengutip pernyataan Profesor Yohanes Surya yang menjelaskan tiga kunci meraih kesuksesan. Pertama soal kondisi kritis (target).

“Apabila dalam kondisi kritis dan ada target yang ditentukan, maka energi, seluruh kemampuan akan dikerahkan karena bisa memicu untuk meraih prestasi. Yang kedua yaitu kesungguhan (sungguh-sungguh). Dengan bersungguh-sungguh target pun bisa dicapai. Kemudian yang ketiga adalah kesinambungan (konsistensi),” jelas Fatoni.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumsel, Rudi Irawan mengatakan, kontingen Sumsel terdiri dari atlet dan pelatih berjumlah 176 orang plus 24 pengurus KONI Sumsel. Total 200 orang.

Pada Porwil X tahun 2021 di Bengkulu, Sumsel berada pada peringkat 9 dari 10 provinsi yang ikut. Jumlah medali yang diraih 7 emas, 14 perak dan 22 perunggu. Kali ini, diharapkan kontingen Sumsel bisa meraih prestasi lebih baik.

“Kontingen Sumsel mengirimkan atlet untuk cabor atletik, bola tangan, wushu, bola voli, catur, sepak takraw, sepak bola, renang dan e-sport,” imbuhnya.

Komentar