Rumah Fudin Habis Dilahap Jago Merah

PALEMBANG- Kebakaran kembali terjadi di kota Palembang, kali ini api melahap empat rumah di Jalan RE Martadinata Lorong Amal, Kecamatan Ilir Timur II Palembang Jumat (16/8/2024) siang.

Empat rumah yang terbakar tersebut dihuni 5 kepala keluarga yang masih satu kerabat.

Diketahui api pertama kali muncul dari rumah yang dihuni Fudin (66) saat kejadian rumah dalam keadaan kosong karena ditinggal keluar membeli makanan.

Ketua RT 34 Herawati menuturkan kebakaran terjadi sekitar pukul 11:00 WIB. Api berasal dari rumah Fudin yang sedang keluar membeli makanan.

“Ada empat rumah yang terbakar, pertama kali api terlihat dari rumah pak Fudin, istrinya lagi dirawat di Rumah Sakit. Fudin saat kejadian sedang keluar beli nasi,” kata Herawati.
Api diduga berasal dari kulkas di rumah Fudin yang mengeluarkan asap lalu mengeluarkan api dan menyambar ke rumah yang ada di sebelah kanan dan belakangnya.

“Fudin terkejut api sudah membesar membakar rumahnya dia mau mengeluarkan motor tapi tidak sempat lagi,” katanya.

Petugas pemadam kebakaran baru tiba di lokasi sekitar pukul 14:00 WIB. Selain rumah, dua unit sepeda motor yang ada di dalam rumah Fudin ikut ludes terbakar.

Kapolsek Ilir Timur II Kompol Desi Ariyanti mengatakan kebakaran pertama kali diketehui saksi yang bernama Agung. Saat itu ia sedang duduk di teras depan menunggu Fudin yang sedang membeli nasi bungkus.

“Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik dari kulkas pemilik rumah,”katanya.

Derasnya tiupan angin ditambah cuaca terik membuat api cepat membesar hingga tidak terkendali dan menyambar rumah yang berada didepan maupun yang dibelakang.

“Warga berlari keluar rumah sambil berteriak meminta bantuan, kemudian warga dan tetangga yg hendak melaksanakan sholat jumat berupaya memadamkan api dengan air dan alat seadanya,” jelasnya. (Pra)

Komentar