Sumsel Empat Besar Layanan Investasi 2023

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan (Sumsel) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) masuk nominasi Anugerah Layanan Investasi 2023.

Kategorinya, Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha Tingkat Provinsi.

Kepala DPMPTSP Sumsel, Eko Agusrianto mengatakan, DPMPTSP Sumsel berhasil meraih posisi empat dari delapan nominator. Nilai yang diraih 95,12 poin.

“Sumsel dibawah Maluku dengan nilai 95.26 dalam penghargaan Anugerah Layanan Investasi yang di selenggarakan Kementerian Investasi RI,” ujar Eko (10/11).

Peringkat pertama diraih Jawa Barat, disusul Daerah Istimewa Yogyakarta, Maluku, Sumsel, Jawa Tengah, Bali, Sulawesi Selatan dan Sumatra Barat.

“Ke depan, capaian ini bisa jadi motivasi bagi kami untuk lebih meningkatkan kinerja pelayanan dan mendorong peningkatan realisasi investasi di Sumsel melalui kemudahan bagi pelaku usaha,” ungkapnya.

Sepanjang 2023 (Januari- September) realisasi investasi di Sumsel mencapai Rp36,8 triliun atau tumbuh 12,95 persen secara year on year (yoy). Capaian itu 66,89 persen dari target yang ditetapkan tahun ini sebesar Rp55 triliun. “Sampai dengan September, tenaga kerja yang terserap sebanyak 27.958 orang,” tambahnya.

Sebelumnya, Sekda Sumsel Supriono mengatakan, pemerintah telah memberi kemudahan bagi para investor domestik maupun mancanegara untuk berinvestasi. Semuanya telah melalui sistem daring dan terpusat.

“Jadi, semua data kelengkapan data dari investor terpantau dalam satu layar. Sehingga, memudahkan para investor untuk berinvestasi,” ujarnya kepada Bisnis.

Hanya saja yang perlu diperhatikan saat ini adalah daerah mana saja yang bisa menjadi tempat para investor untuk berinvestasi.

“Oleh karena itu pemerintah kabupaten dan kota di Sumsel perlu menyebarluaskan informasi seluas-luasnya terkait dengan potensi investasi dari daerah masing-masing,” tukasnya.

Komentar