PALEMBANG- Tokopedia bersama Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia (KemenkopUKM RI) berupaya mencetak mentor terbaik (MikroEx Mentor) untuk mendukung transformasi usaha mikro di era digital melalui program MikroEx Challenge.
Program ini memberikan pemahaman mendalam kepada mentor tentang pendampingan perizinan berusaha, sertifikasi produk, dan pemanfaatan platform digital, sehingga mereka dapat membantu pelaku usaha mikro menerapkan kepatuhan perizinan serta melakukan eskalasi dan ekspansi bisnis.
“MikroEx Challenge dimulai pada Juni 2024 dengan pilot project di lima provinsi: Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, dan hari ini (1/8/24) di Sumatra Selatan. Secara keseluruhan, sudah ada 400 MikroEx Mentor yang mengikuti program ini. Setiap MikroEx Mentor dapat mendampingi minimal 50 usaha mikro, yang berarti ada 20.000 usaha mikro yang akan dibantu selama program berlangsung,” kata Head of Public Policy and Government Relations Tokopedia dan ShopTokopedia, Dimas Kuncoro Jati.
Dimas menambahkan, sinergi Tokopedia dengan KemenkopUKM RI melalui MikroEx Challenge sejalan dengan target pemerintah untuk mendigitalisasi 30 juta UMKM pada 2024. Tokopedia dan ShopTokopedia mendukung target ini karena pelaku usaha yang memanfaatkan platform digital terbukti dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan penjualanrabba mereka.
Asisten Deputi Perlindungan dan Kemudahan Usaha Mikro KemenkopUKM RI, Muhammad Firdaus, mengatakan, UMKM, termasuk usaha mikro, dituntut untuk terus beradaptasi dan memainkan strategi bisnis dengan lebih fleksibel agar dapat bertahan di era disrupsi digital. Kami berupaya membantu pelaku usaha mikro naik kelas melalui Model Sinergi Hexahelix, salah satunya lewat program MikroEx Challenge bersama Tokopedia. “Kami sangat mengapresiasi Tokopedia yang telah melatih pendamping usaha mikro dalam pemanfaatan platform digital, agar MikroEx Mentor dapat membantu kemajuan usaha mikro di era teknologi. Dengan semangat kolaborasi, kita dapat memberdayakan UMKM dan meningkatkan perekonomian Indonesia.”
Tokopedia dan ShopTokopedia saat ini terdiri dari lebih dari 21 juta penjual, mayoritas UMKM, termasuk usaha mikro, yang memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia, yaitu lebih dari 60%. Untuk mendorong peran UMKM dalam perekonomian nasional, Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, termasuk KemenkopUKM RI, melalui berbagai inisiatif.
Pada 2022-2023, Tokopedia, bersama KemenkopUKM RI dan Kemenves RI/BKPM, telah memfasilitasi penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada 6.000 pelaku UMKM di Indonesia. Memiliki NIB mempermudah pelaku usaha dalam mengurus dokumen lanjutan, mendapatkan modal usaha, mengakses program bantuan pemerintah, dan memperoleh perlindungan hukum. (Pra)
Komentar