Tongkang Batubara Tabrak Tiga Kapal Motor di Dermaga Pasar 16 Ilir

PALEMBANG- Diduga diterpa hujan angin, sebuah kapal tongkang batubara yang sedang kosong menabrak tiga kapal motor jukung yang sedang sandar di dermaga pasar 16 Ilir Palembang Kamis (26/9/2024) sore sekitar pukul 17.00 WIB. Satu dari tiga jukung yang ditabrak satu diantaranya tenggelam.

Direktur Polairud Polda Sumsel Kombes Pol Andreas Kusmaedi mengatakan kejadian tongkang batubara tanpa muatan menghantam tiga kapal motor jukung yang sedang sandar di dermaga pasar 16 Ilir Palembang terjadi sore kemarin. Kejadian berawal saat Tugboat Alfin Marine 22 menggandeng tongkang Surya Nawa 21 dan Di Assist oleh Tugboat KJ 03.

“Saat hendak melintas dibawah jembatan Ampera menuju Musi 2 Palembang. Seelum tiba untuk melintas ewat dibawah jembatan Ampera tiba tiba angin kencang mengakibatkan tongkang Surya Nawa Dan Asist kj 03 terbawa angin kesebelah kanan dermaga Pasar 16 Ilir lalu menabrak 3 kapal motor sungai,”kata Andreas Kusmaedi kepada wartawan Jumat (27/9/2024).

Dikatakan Andreas, tiga kapal motor sungai yang dihantam tongkang batubara yakni kapal motor Pelita Berkah mengalami kerusakan dibagian belakang dan samping, kapal motor Ilham Putra mengalami kerusakan dibagian belakang dan samping dan kapal motor Putra Tunggal tenggelam dengan kerugian ditaksir Rp 750 juta. Untuk korban jiwa maupun luka tidak ada atau nihil.

“Anggota kami sudah mendatangi TKP dan mengamankan nahkoda Tugboat KJ 03 Dan Alfin Marine 22 untuk dimintai keterangannya serta saksi yang berada di TKP,”tandasnya.(pra)

Komentar