Waspada! 45 Titik Rawan Macet di Sumsel, Terbanyak di Jalintim

Palembang – Polda Sumatra Selatan (Sumsel) memetakan jalur rawan macet pada mudik Lebaran pada tahun ini. Beberapa titik diprediksi akan menjadi penyebab kemacetan. Antisipasi dini akan dilakukan agar tidak terjadi kemacetan panjang.

“Ada 45 titik kemacetan yang ada di Sumsel. Terbanyak ada di Kota Palembang, Banyuasin dan Musi Banyuasin (Muba),” ujar Dirlantas Polda Sumsel, Kombes M Pratama Adhyasastra usai audiensi dengan Pj Gubernur Sumsel, Rabu (20/3/2024).

Yang akan menjadi konsentrasi Polda dalam penanganan jalur mudik tahun ini di wilayah Jalintim (jalur lintas Timur) adalah di Banyuasin dan Muba.

“Muba dan Banyuasin yang jadi konsen kita, sepanjang Bayung Lencir-Sungai Lilin dan Betung-Palembang,” jelasnya.

Ia menyebut, akan melakukan koordinasi di tingkat pusat pada 25 Maret mendatang. Koordinasi dilakukan bersama dengan lintas sektoral dipimpin Kapolri, Panglima TNI dan kementerian atau lembaga terkait.

“Tindak lanjut kemudian dilakukan rapat di wilayah masing-masing. Kemudian akan dipetakan secara rinci dimana saja titik rawan macet, kecelakaan dan pelanggaran. Tahun lalu kita menggelar 85 pos pelayanan, pengamanan dan terpadu termasuk di tempat transportasi umum,” jelasnya.

Untuk tahun ini, jumlah pos itu akan ditambah mengingat meningkatnya pergerakan pemudik pasca Covid-19 berakhir dan pergerakan aktivitas di terminal. Pos pengamanan juga akan ditempatkan di lokasi pertokoan, tempat ibadah dan sarana rekreasi.

Ia menambahkan, jalan tol saat ini masih dalam tahap perbaikan. Sehingga, jika akses itu belum selesai diperbaiki maka akak terjadi peningkatan jumlah kendaraan di akses jalur umum.

“Jalan tol masih dilakukan perbaikan dan pihak tol menargetkan sebelum kegiatan operasi sudah selesai perbaikan,” tukasnya.

Komentar